RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Negeri 7 Langsa
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII/2 ( Dua )
Materi Pokok : Shalat Sunnah Berjama’ah dan Munfarid
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII/2 ( Dua )
Materi Pokok : Shalat Sunnah Berjama’ah dan Munfarid
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompotensi Inti
KI.1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
|
KI.3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI.4
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapain Kompetensi
1.4
|
Menunaikan shalat sunnah
|
2.7
|
Menghargai perilaku semangat menumbuh kembangkan ilmu
pengetahuan sebagai implementasi dari pemahamanpemahaman
|
3.6
|
Memahami hikmah shalat sunnah berjamaah dan
munfarid
|
4.6
|
Mempraktikkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat :
1. Mendeskripsikan
hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
2. Mempraktikkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid
D. Materi Pembelajaran
1. Hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
2. Praktik shalat sunnah berjamaah dan munfarid
E. Metode Pembelajaran
Metode :
Saintifik, PBL ( Problem Based Learning ).
F. Sumber Belajar.
1.
Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI
2.
Buku Teks PAI kelas VIII
3.
Buku-buku Penunjang PAI kelas VIII
4.
CD/Video Pembelajaran Interaktif
G. Media Pembelajaran.
1. Al
Qur’an dan terjemahnya Depag RI
2. Alat dan bahan
- LCD
Projektor
H. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran.
1.
Pendahuluan
(15 Menit )
a.
Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran
dengan kebersihan kelas, berdoa, absensi.
b.
Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukan gambar
kemudian menanyakan gambar tersebut kepada peserta didik.
c.
Guru memberi informasi tentang kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti ( 50 )
Mengamati
·
Menonton dan
mencermati gambar atau tayangan yang terkait dengan tatacara shalat sunnah
berjama’ah dan munfarid.
·
Mengamati
secara langsung praktik pelaksanaan ibadah shalat jama’ah dan munfarid ke
masjid terdekat.
·
Menyimak,
mencermati, dan mereview penjelasan tentang tata cara shalat sunnah berjama’ah
dan munfarid .
·
Membaca dan
mencermati dalil naqli tentang tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
beserta artinya.
Menanya
·
Mengajukan
pertanyaan tentang hal-hal yang terkait
dengan ibadah shalat jama’ah dan munfarid.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid beserta
artinya.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai pentingnya ibadah sunnah yang dilakukan baik secara
berjama’ah maupun munfarid.
Eksperimen/explore
·
Menggali/mencari
contoh-contoh tata cara pelaksanaan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid dari
berbagai media/literatur.
·
Mengumpulkan
dan mengelompokkan macam-macam shalat sunnah yang dikerjakan secara berjama’ah
maupun munfarid.
·
Mengumpulkan
informasi dan data terkait orang-orang yang gemar melaksanakan ibadah shalat
sunnah baik secara berjama’ah maupun munfarid.
Asosiasi
·
Membuat skema
hubungan dari contoh-contoh nyata ibadah shalat sunnah berjama’ah maupun
munfarid dengan kesuksesan orang-orang yang senantiasa menjaganya.
·
Membuat skema
hubungan dari antara orang-orang yang melalaikan shalat sunnah baik berjama’ah
maupun munfarid dengan dampak buruk yang ditimbulkannya.
·
Menganalisis
tatacara pelaksaan ibadah shalat jama’ah dan munfarid pada suatu tempat,
kemudian dibandingkan dengan sumber yang valid.
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan
tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
·
Menyajikan
tayangan tentang pelaksanaan shalat jama’ah dan munfarid melalui media
interaktif.
·
Memaparkan
kesimpulan hasil analisis dan penelaahan materi tentang shlat sunnah berjama’ah
dan munfarid.
3.
Penutup.
-
Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi
yang telah dipelajari
-
Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan
pertanyaan.
-
Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan
datang
-
I.
Penilaian
1.
Sikap Spiritual
Ø Teknik :
Penilaian antarteman
Ø Bentuk
Instrumen :
Pedoman
Evaluasi Antar Teman
Nama : ……………………………
Teman yang dinilai : ……………..
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
Rubrik Penilaian
|
|||
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
||
sikap
beriman dan bertakwa dalam kehidupan masyarakat.
|
a. Melaksanakan ibadah tepat waktu
b. Melaksanakan sholat berjamaah dengan tertib
c. Berdoa sebelum belajar dengan khusyu
d. Berdoa setelah belajar dengan khusyu
e. Memperingati hari besar agama
|
|
|
|
|
2.
Sikap Sosial
Ø Teknik : Observasi
Ø Bentuk
Instrumen : Pedoman observasi
Toleransi
Instrumen Penilaian Observasi
Nama Peserta didik :
…………………………
Kelas :
………………………..
Materi Pokok : Toleransi keberagaman
Periode Penilaian :
.........................................
No
|
Pernyataan
|
RUBRIK
|
|||
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
||
1
|
Menghargai
teman yang berbeda ras
|
|
|
|
|
2
|
Tidak
menghina teman yang berbeda jenis kelamin
|
|
|
|
|
3
|
Dapat
menerima kelemahan orang lain
|
|
|
|
|
4
|
Memaafkan
kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Mampu dan
mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman ras dan gender
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran :
Keterangan penskoran
Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor
tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh
nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh
skor 3,20 – 4,00
Baik : apabila memperoleh skor 2,80 – 3,19
Cukup : apabila memperoleh skor 2.40 – 2,79
Kurang : apabila memperoleh skor kurang 2.40
3.
Pengetahuan
Ø Teknik :
Test Tulisan
Ø Bentuk
Instrumen : Uraian
4.
Keterampilan
a. Teknik
penilaian :
Ø Penilaian
portofolio
Ø penilaian
kinerja
b.
Bentuk Instrumen : Rubrik penilaian portofolio,
rubric penilaian diskusi
RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO
a. Indikator Penilaian
1.
Menunjukkan karakteristik ras dalam masyarakat
2.
Menunjukkan karakteristik gender dalam
masyarakat
3.
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
tentang permasalahan tentang keberagaman
ras dan gender
4.
Menyusun portofolio tayangan tentang
permasalahan keberagaman ras dan gender.
5.
Mempresentasikan tulisan tentang tentang keberagaman ras dan gender
b. Rubrik
penilaian portofolio
No
|
Nama
kelompok
|
Aktivitas dalam Pembelajaran
|
Jumlah skor
|
||||
|
|
Penentuan
|
Kelangkapan informasi
|
Bahan tayang
|
Isi laporan
|
Penggunaan bahasa
|
|
Skor/nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
Konversi
|
Predikat
|
Keterangan
|
|
100
90-99
80-89
70-79
60-69
50-59
|
3,67 – 4,00
3,34 – 3,66
3,01 – 333
2,67 – 3,00
2,34 – 2,66
2,01 – 2,33
|
A
A-
B+
B
B-
C+
|
SANGAT BAIK
SANGAT BAIK
BAIK
BAIK
CUKUP
CUKUP
|
|
RUBRIK
PENILAIAN DISKUSI DAN PRESENTASI
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Aktivitas dalam Pembelajaran
|
Skor Total
|
||||||
Kerjasama
|
Presentasi
|
Menanggapi
|
Bertanya
|
Menanggapi
|
Menghargai Pendapat
|
Inisiatif
|
|||
Skor/Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Jumlah skor
|
Konversi
|
Predikat
|
Keterangan
|
100
90-99
80-89
70-79
60-69
50-59
|
3,67 – 4,00
3,34 – 3,66
3,01 – 333
2,67 – 3,00
2,34 – 2,66
2,01 – 2,33
|
A
A-
B+
B
B-
C+
|
SANGAT BAIK
SANGAT BAIK
BAIK
BAIK
CUKUP
CUKUP
|
Mengetahui, Langsa, Oktober 2016
Kepala Sekolah SMP Negeri 7
Langsa Guru Mata Pelajaran PAI
SURYA RENI, S.Pd AINUL
MARDHIAH, BA
NIP. 19580203 1978031 2001 NIP. 19601231
198703 2021
Tidak ada komentar:
Posting Komentar