RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Negeri 7 Langsa
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Materi Pokok : Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Materi Pokok : Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis
tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompotensi Inti
KI.1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
|
KI.3
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
|
KI.4
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapain Kompetensi
1.1
|
Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari
pemahaman rukun iman.
|
2.1
|
Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.
Al-Maidah (5): 8 dan
hadits terkait
|
3.1
|
Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; serta hadits terkait
|
4.1
|
4.1.1 Membaca Q.S. Al Furqan (25): 63 dan Al-Isra’ (17): 27 dengan tartil
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63 dan Al-Isra’ (17): 27 serta Hadits
terkait
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran peserta
didik dapat :
Menjelaskan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.
D. Materi Pembelajaran
Menjelaskan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.
E. Metode Pembelajaran
Metode :
Saintifik.
F. Sumber Belajar.
1.
Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI
2.
Buku Teks PAI kelas VIII
3.
Buku-buku Penunjang PAI kelas VIII
4.
CD/Video Pembelajaran Interaktif
G. Media Pembelajaran.
1. Al
Qur’an dan terjemahnya Depag RI
2. Alat dan bahan
- LCD
Projektor
H. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran.
1.
Pendahuluan
(15 Menit )
a.
Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran
dengan kebersihan kelas, berdoa, absensi.
b.
Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukan gambar
kemudian menanyakan gambar tersebut kepada peserta didik.
c.
Guru memberi informasi tentang kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti ( 50 Menit)
Mengamati
·
Mengamati teks
atau tayangan yang Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan
Q.S. Al Isra’(17) : 27 untuk
memotivasi semangat membaca dan mengkaji Al-Qur’an.
·
Menyimak dan
membaca Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; serta hadits tentang rendah hati, hemat dan hidup
sederhana.
·
Menyimak
penjelasan tentang hukum bacaan mim sukun.
·
Menelaah arti Q.S. Al-Furqan
(25):
63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27;
Menanya
·
Peserta didik
mengajukan pertanyaan tentang keutamaan menbaca Al-Qur’an dan ilmu tajwid serta
hikmah yang terkandung di dalamnya.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai hukum bacaan Mim Sukun dana macam-macamnya.
Eksperimen/explore
·
Secara
individu maupun kelompok mencari dan menyusun lafadz atau kalimat yang
mengandung hukum bacaan Mim Sukun pada Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan
Q.S. Al Isra’(17) : 27.
·
Menyusun dan
memasangkan lafadz dengan artinya baik secara individu maupun kelompok pada
Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27.
·
Secara
berpasangan menghafalkan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27.
Asosiasi
·
Secara
individu maupun kelompok menganalisis lafadz-lafadz yang mengandung hukum
bacaan izhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgam mutamasilain.
·
Secara
individu maupun kelompok menganalisis lafadz-lafadz yang sudah sesuai dengan
artinya.
·
Menyimpulkan
isi kandungan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27.
Komunikasi
·
Menunjukkan/memaparkan
hasil analisis tentang hukum bacaan mim sukun yang terkandung dalam Q.S. Al-Furqan
(25):
63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27
·
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27.
·
Memaparkan
kesimpulan isi kandungan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27.
3.
Penutup.
-
Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi
yang telah dipelajari
-
Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan
pertanyaan.
-
Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan
datang
-
I.
Penilaian
1.
Sikap Spiritual
Ø Teknik :
Penilaian antarteman
Ø Bentuk
Instrumen :
Mengetahui, Langsa, Oktober 2016
Kepala Sekolah SMP Negeri 7
Langsa Guru Mata Pelajaran PAI
SURYA RENI, S.Pd AINUL
MARDHIAH, BA
NIP. 19580203 1978031
2001 NIP. 19601231
198703 2021
Pedoman
Evaluasi Antar Teman
Nama : ……………………………
Teman yang dinilai : ……………..
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
Rubrik Penilaian
|
|||
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
||
sikap
beriman dan bertakwa dalam kehidupan masyarakat.
|
a. Melaksanakan ibadah tepat waktu
b. Melaksanakan sholat berjamaah dengan tertib
c. Berdoa sebelum belajar dengan khusyu
d. Berdoa setelah belajar dengan khusyu
e. Memperingati hari besar agama
|
2.
Sikap Sosial
Ø Teknik : Observasi
Ø Bentuk
Instrumen : Pedoman observasi
Toleransi
Instrumen Penilaian Observasi
Nama Peserta didik :
…………………………
Kelas :
………………………..
Materi Pokok : Toleransi keberagaman
Periode Penilaian : .........................................
No
|
Pernyataan
|
RUBRIK
|
|||
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
||
1
|
Menghargai
teman yang berbeda ras
|
||||
2
|
Tidak
menghina teman yang berbeda jenis kelamin
|
||||
3
|
Dapat
menerima kelemahan orang lain
|
||||
4
|
Memaafkan
kesalahan orang lain
|
||||
5
|
Mampu dan
mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman ras dan gender
|
||||
Jumlah
|
Petunjuk
Penskoran :
Keterangan penskoran
Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor
tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh
nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh
skor 3,20 – 4,00
Baik : apabila memperoleh skor 2,80 – 3,19
Cukup : apabila memperoleh skor 2.40 – 2,79
Kurang : apabila memperoleh skor kurang 2.40
3.
Pengetahuan
Ø Teknik :
Test Tulisan
Ø Bentuk
Instrumen : Uraian
4.
Keterampilan
a. Teknik
penilaian :
Ø Penilaian
portofolio
Ø penilaian
kinerja
b.
Bentuk Instrumen : Rubrik penilaian portofolio,
rubric penilaian diskusi
RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO
a. Indikator Penilaian
1.
Menunjukkan karakteristik ras dalam masyarakat
2.
Menunjukkan karakteristik gender dalam
masyarakat
3.
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
tentang permasalahan tentang keberagaman
ras dan gender
4.
Menyusun portofolio tayangan tentang
permasalahan keberagaman ras dan gender.
5.
Mempresentasikan tulisan tentang tentang keberagaman ras dan gender
b. Rubrik
penilaian portofolio
No
|
Nama
kelompok
|
Aktivitas dalam Pembelajaran
|
Jumlah skor
|
||||
Penentuan
|
Kelangkapan informasi
|
Bahan tayang
|
Isi laporan
|
Penggunaan bahasa
|
|||
Skor/nilai
|
|||||||
Jumlah skor
|
Konversi
|
Predikat
|
Keterangan
|
|
100
90-99
80-89
70-79
60-69
50-59
|
3,67 – 4,00
3,34 – 3,66
3,01 – 333
2,67 – 3,00
2,34 – 2,66
2,01 – 2,33
|
A
A-
B+
B
B-
C+
|
SANGAT BAIK
SANGAT BAIK
BAIK
BAIK
CUKUP
CUKUP
|
RUBRIK
PENILAIAN DISKUSI DAN PRESENTASI
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Aktivitas dalam Pembelajaran
|
Skor Total
|
||||||
Kerjasama
|
Presentasi
|
Menanggapi
|
Bertanya
|
Menanggapi
|
Menghargai Pendapat
|
Inisiatif
|
|||
Skor/Nilai
|
|||||||||
Petunjuk Penskoran
Jumlah skor
|
Konversi
|
Predikat
|
Keterangan
|
100
90-99
80-89
70-79
60-69
50-59
|
3,67 – 4,00
3,34 – 3,66
3,01 – 333
2,67 – 3,00
2,34 – 2,66
2,01 – 2,33
|
A
A-
B+
B
B-
C+
|
SANGAT BAIK
SANGAT BAIK
BAIK
BAIK
CUKUP
CUKUP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar