Program Semester
(PROMES)
|
Mata Pelajaran : Akidah
Akhlak
|
Kelas : XII
|
Tingkat Pendidikan : MA
|
Tahun
Ajaran : 2016/2017
|
Kompetensi inti
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
3.
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
4.
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.1
Meyakini
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam tujuh Al-Asma Al-Husna:
al-Ghafar, al-Razzaq, al-Malik,
al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim.
2.1 Membiasakan menerapkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam tujuh Al-Asma Al-Husna: al- Ghaffar, al- Razzaq,
al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Memahami makna tujuh Al-Asma Al-Husna: al- Ghaffar, al-Razzaq,
al-Malik, al- Hasib, al-Hadi,
al-Khalik dan al-Hakim
4.1 Melafalkan dan menghafal Al-Asma Al-Husna dengan baik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menghayati
nilai-nilai positif dari amal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah
2.2
Terbiasa
berperilaku amal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah dalam
kehidupan Sehari-hari
3.2
Memahami
pengertian dan pentingnya mal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah
4.2 Menyajikan
pengertian dan pentingnya amal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi dan
Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3
Menghayati
dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati (pemarah).
2.3
Menghindari
nilai-nilai negatif akibat perilaku nifaq dan keras hati (pemarah).
3.3
Memahami
pengertian nifaq dan keras hati (pemarah).
4.3 Memaparkan dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati
(pemarah).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi dan
Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Tengah Semester
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4
Menghayati adab yang baik dalam
bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebihtua, yang lebih muda dan lawan
jenis
2.4
Terbiasa
beradab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih
tua, yang lebih muda dan lawan
jenis.
3.4
Mengetahui
adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis.
4.4 Mempraktekkan adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang
lebih muda dan lawan jenis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5
Menghayati keutamaan sifat-sifat
Al-Gazali, Ibnu Sina
2.5
Meneladani
keutamaan sifat-sifat al-Ghazali dan Ibnu Sina
3.5
Menganalisis
kisah keteladanan al-Ghazali dan Ibnu Sina
4.5 Menceritakan kisah keteladanan
al-Ghazali dan Ibnu Sina
|
·
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian
Akhir Madrasah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala
MAN
( HAJARUDDIN, S.Ag.M.pd )
NIP.19741224 200710 1 001
|
Nama kota , 2017
Guru
Mapel Aqidah
akhlak
( DIANA SULAISIH, S.Ag.M.pd )
NIP.19740625 199905 2 001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar