RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Negeri 7 Langsa
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester : VIII/2 ( Dua )
Materi Pokok : Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dari masa Umayah hingga masa
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester : VIII/2 ( Dua )
Materi Pokok : Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dari masa Umayah hingga masa
Abbasiyah
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A.
KOMPOTENSI
INTI
KI.1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
|
KI.3
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
|
KI.4
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B. KOMPETENSI DASAR
1.3
|
Meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman
|
2.7
|
Menghargai perilaku semangat menumbuh kembangkan ilmu
pengetahuan sebagai
implementasi dari pemahaman
|
3.10
|
Memahami
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah
|
4.10
|
Merekonstruksi
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah
untuk kehidupan sehari-hari
|
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
1. Mendeskripsikan
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah
dan masa Abbasiyah
2. Menguraikan
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah
dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Melalui
pendekatan saintifik dan metode diskusi peserta didik dapat:
1. Mendeskripsikan
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah
dan masa Abbasiyah
2. Menguraikan
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah
dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari
3.
MATERI
PEMBELAJARAN:
1. Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah
dan masa Abbasiyah
2. Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah
dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari
3.
METODE
PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan :
Sceintifik
2.
Model : Discovery Learning
4.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN :
§ Media :
Gambar-gambar
§ Alat/Bahan :
Komputer/laptop, LCD,Power Point, Internet
§ Sumber Belajar :
-
Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI
-
Buku Teks PAI kelas VIII
-
Buku-buku Penunjang PAI kelas VIII
-
CD/Video Pembelajaran Interaktif
5.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
psikis dan fisik dalam membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran.
c. Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
d.
Memberi motivasi siswa untuk
aktif dalam proses pembelajaran
|
5 MENIT
|
Inti
|
Mengamati
·
Membaca
dan mencermati teks atau bacaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
dari masa Umayah sampai Abbasiyah.
·
Menonton
film atau tayangan yang terkait dengan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai sejarah sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah.
Menanya
·
Mengajukan
pertanyaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah
dan masa Abbasiyah..
·
Mengajukan
pertanyaan tentang faktor-faktor yang mendukung terjadinya pertumbuhan ilmu
pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah.
Eksperimen/explore
·
Mencari
bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah.
·
Menggali
bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Abbasiyah.
·
Mengelompokkan
tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa Umayah.
·
Mengelompokkan
tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa Abbasiyah.
Asosiasi
·
Membuat
gambaran/deskripsi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah.
·
Menganalisis
hubungan antara pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah dengan Abbasiyah.
·
Membuat
skema hubungan antara pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah dengan masa
Abbasiyah.
Komunikasi
·
Memaparkan
bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah.
·
Memaparkan
bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Abbasiyah.
·
Menyajikan
kesimpulan hasil analisis hubungan pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah
dengan masa Abbasiyah.
|
50 Menit
|
Penutup
|
a.
Membuat kesimpulan
berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang materi ajar dalam
pembelajaran yang dilakukan peserta didik bersama guru
b.
Melaksanakan test secara
lisan
c. Menugaskan peserta didik untuk mengerjakan
pekerjaan rumah
d.
Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
|
5
menit
|
6.
PENILAIAN:
1. Sikap
Toleransi
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar observasi
2. Sikap
Santun
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar observasi
3. Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian
1)
Tes :
lisan
2)
Non Tes :
Penugasan kelompok
b. Bentuk
Instrumen
1) Soal
tes lisan
2) Proyek
4. Keterampilan
a. Teknik
: Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Check list
Mengetahui, Langsa, Oktober 2016
Kepala Sekolah SMP Negeri 7
Langsa Guru Mata Pelajaran PAI
SURYA RENI, S.Pd AINUL
MARDHIAH, BA
NIP. 19580203 1978031 2001 NIP. 19601231
198703 2021
LAMPIRAN
Rublik Penilaian Sikap Toleransi
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati pendapat
teman
|
|
|
|
|
2
|
Menghormati teman
yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
|
|
|
|
3
|
Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
|
|
|
|
4
|
Menerima kekurangan
orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Memaafkan kesalahan
orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Rublik
Penilaian Sikap Santun
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati
guru atau guru /orang
yang lebih tua
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan bahasa
santun saat menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
4
|
Menggunakan bahasa
santun saat mengkritik pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Bersikap
3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
Diskusi
1.
Tema :
2.
Kelompok
: .................
3.
Kelas
/Smt : VIII/1
Berilah
tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai dengan penilaian Anda!
No. Urut
|
Kategori
|
Skor
|
|||
Baik sekali
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
A.
|
KUALITAS
|
|
|
|
|
1.
|
Persiapan baik
|
|
|
|
|
2.
|
Organisasi jelas
|
|
|
|
|
3.
|
Memberikan informasi yang didukung oleh fakta / buku
|
|
|
|
|
4.
|
Informasi disampaikan dengan jelas
|
|
|
|
|
5.
|
Argumentasi
|
|
|
|
|
6.
|
Pernyataan (statement) bersifat persuasif
|
|
|
|
|
B.
|
ETIKA
|
|
|
|
|
1.
|
Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional
|
|
|
|
|
2.
|
Saling mendengarkan dan merespon
|
|
|
|
|
3.
|
Tidak menghina (menyela pembicaraan)
|
|
|
|
|
4.
|
Tidak mendominasi pembicaraan
|
|
|
|
|
5.
|
Secara aktif ikut terlibat
|
|
|
|
|
C.
|
LAIN-LAIN
|
|
|
|
|
1.
|
Cara mengevaluasi atau mengkritik teman
|
|
|
|
|
2.
|
Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti yang
disampaikan kedua pihak
|
|
|
|
|
|
Jumlah Keseluruhan
|
|
|
|
|
Keterangan: Skor 4: Baik Sekali, Skor 3: Baik, Skor 2:
Cukup, Skor 1: Kurang.
KRITERIA:
|
45 ke atas = A (Baik Sekali & Berkualitas)
|
30-44 = B (Baik)
|
15-29 = C (Cukup)
|
<
14 = D (Kurang
memenuhi syarat)
|
KOMENTAR :.................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
|
Rubrik Penilaian Keterampilan
(Presentasi)
Tema
:
Sub Tema :
Sub sub Tema :
Kelompok :
.................
Kelas /Smt : VIII/1
Alokasi Waktu : 10 menit
No
|
Nama
Peserta didik
|
Kemampuan
presentasi
1
- 4
|
Kemampuan
berargumentasi
1
– 4
|
Kemampuan
Menjawab
1
- 4
|
Penguasaan
Materi
1
- 4
|
Jumlah
Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor rentang antara 1 – 4 dengan
rincian :
4
= Amat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Petunjuk
Penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor 3,20 – 4,00
Baik : apabila memperoleh skor 2,80 – 3,19
Cukup
: apabila
memperoleh skor 2.40 – 2,79
Kurang
: apabila memperoleh skor
kurang 2.40
Tidak ada komentar:
Posting Komentar