Kamis, 26 Oktober 2017

PROTA K13 Pendidikan Agama Islam VIII SMP



PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Satuan Pendidikan      : SMP Negeri
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas                           : VIII

Kompetensi Inti          :
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.       Memahami  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu   pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak  mata).
4.       Mencoba,mengolah,  dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)   dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori)..

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
1.1       Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
1.2       Meyakini Kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari
1.3       Meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman
1.4       Menunaikan shalat sunnah
1.5       Menerapkan ketentuan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasarkan syariat Islam
1.6       Menunaikan puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.7       Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi


2.1  Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8 dan hadits terkait
2.2  Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36 dan hadits terkait
2.3  Menghargai perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Ashr (103): 2-3, Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan hadits terkait
2.4  Menghargai perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
2.5  Menghargai perilaku mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl (16): 114 dan hadits terkait
2.6  Menghargai perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta hadits terkait.
2.7  Menghargai perilaku semangat menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al- Mujadilah (58): 11 dan Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait
2.8       Meneladani semangat ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari


3.1     Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; serta hadits terkait
4.1.1 Membaca Q.S. Al Furqan (25): 63 dan Al-Isra’ (17): 27 dengan tartil
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63 dan Al-Isra’ (17): 27 serta Hadits terkait
Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana


3 x 3 Jam Pelajaran
3.2     Memahami makna Q.S. An Nahl (16):114 dan  hadits terkait
Q.S. An Nahl (16):114 dan Hadis terkait tentang perilaku perilaku mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi
2 x 3 Jam Pelajaran
4.2.1  Membaca Q.S. An Nahl (16): 114 dengan tartil
4.2. 2 Menunjukkan hafalan Q.S. An Nahl (16): 114 serta Hadits terkait
3.3     Memahami makna Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadis terkait
Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadis terkait tentang perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran
3 x 3 Jam Pelajaran
4.3.1  Membaca Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32  dengan tartil
4.3. 2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32  serta Hadits terkait
3.4   Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
4.4 Menyajikan dalil naqli tentang beriman Kitab-kitab Allah
Iman Kepada Kitab-kitab Allah
3 x 3 Jam Pelajaran
3.5  Memahami makna beriman kepada Rasul Allah Swt
4.5 Menyajikan dalil naqli tentang beriman kepada Rasul Allah Swt
Iman kepada Nabi dan Rasul
3 x 3 Jam Pelajaran
3.6   Memahami hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
Shalat Sunnah Berjama’ah dan Munfarid
4 x 3 Jam Pelajaran
4.6  Mempraktikkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid
3.7 Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
Macam-macam Sujud
4 x 3 Jam Pelajaran
4.7     Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
3.8  Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah
Puasa Sunnah dan Puasa Wajib
4 x 3 Jam Pelajaran
4.8 Melaksanakan puasa wajib dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman hikmah puasa wajib dan puasa sunnah
3.9  Memahami hikmah penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Quran dan Hadits
Makanan dan minuman yang halal dan haram
4 x 3 Jam Pelajaran
4.9  Mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi sesuai ketentuan syariat Islam
3.10  Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah
Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dari masa Umayah hingga masa Abbasiyah
5 x 3 Jam Pelajaran
4.10      Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILABUS K13 Pendidikan Agama Islam VIII SMP

SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI Satuan Pendidikan              : SMP Negeri Kelas             ...