PROGRAM
TAHUNAN
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas : VIII
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,
seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak mata).
4.
Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret(
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori)..
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
1.1 Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari
pemahaman rukun iman.
1.2 Meyakini Kitab suci
Al-Quran sebagai pedoman
hidup sehari-hari
1.3 Meyakini Nabi
Muhammad SAW sebagai nabi akhir
zaman
1.4 Menunaikan shalat
sunnah
1.5 Menerapkan ketentuan
sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasarkan syariat Islam
1.6 Menunaikan puasa
Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.7 Menerapkan ketentuan
syariat Islam dalam mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi
|
|
|
2.1
Menghargai perilaku jujur sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8 dan hadits terkait
2.2
Menghargai perilaku hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
An-Nisa (4): 36 dan hadits terkait
2.3
Menghargai perilaku gemar beramal
saleh dan berbaik sangka kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Al- Ashr (103): 2-3, Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan hadits terkait
2.4
Menghargai perilaku rendah hati,
hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al
Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
2.5
Menghargai perilaku mengonsumsi
makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl (16): 114 dan hadits
terkait
2.6
Menghargai perilaku menghindari
minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta hadits
terkait.
2.7
Menghargai perilaku semangat
menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al- Mujadilah (58): 11 dan Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait
2.8
Meneladani semangat ilmuwan
muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
3.1 Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17)
: 27; serta hadits terkait
4.1.1 Membaca Q.S. Al Furqan (25):
63 dan Al-Isra’ (17): 27 dengan tartil
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63 dan Al-Isra’ (17): 27 serta Hadits terkait
|
Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana
|
3 x 3 Jam Pelajaran
|
3.2 Memahami makna Q.S. An Nahl (16):114 dan hadits terkait
|
Q.S. An Nahl (16):114 dan Hadis terkait tentang
perilaku perilaku
mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi
|
2 x 3 Jam Pelajaran
|
4.2.1 Membaca Q.S. An Nahl (16): 114 dengan tartil
4.2. 2 Menunjukkan hafalan Q.S. An Nahl (16): 114 serta Hadits terkait
|
||
3.3 Memahami makna Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadis terkait
|
Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadis terkait tentang
perilaku menghindari minuman
keras, judi, dan pertengkaran
|
3 x 3 Jam Pelajaran
|
4.3.1 Membaca Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 dengan tartil
4.3. 2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadits
terkait
|
||
3.4 Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
4.4
Menyajikan dalil naqli tentang beriman Kitab-kitab Allah
|
Iman Kepada Kitab-kitab Allah
|
3 x 3 Jam Pelajaran
|
3.5 Memahami makna beriman kepada Rasul Allah Swt
4.5 Menyajikan dalil naqli
tentang beriman kepada Rasul Allah Swt
|
Iman kepada Nabi dan Rasul
|
3 x 3 Jam Pelajaran
|
3.6 Memahami hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
|
Shalat Sunnah Berjama’ah dan
Munfarid
|
4 x 3 Jam Pelajaran
|
4.6
Mempraktikkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid
|
||
3.7 Memahami hikmah sujud
syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
Macam-macam Sujud
|
4 x 3 Jam Pelajaran
|
4.7 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
||
3.8 Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah
|
Puasa Sunnah dan Puasa Wajib
|
4 x 3 Jam Pelajaran
|
4.8 Melaksanakan puasa wajib dan puasa sunnah sebagai
implementasi dari pemahaman hikmah puasa wajib dan puasa sunnah
|
||
3.9 Memahami hikmah penetapan makanan dan
minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Quran dan Hadits
|
Makanan dan minuman yang
halal dan haram
|
4 x 3 Jam Pelajaran
|
4.9 Mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi
sesuai ketentuan syariat Islam
|
||
3.10 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai
masa Umayah dan masa Abbasiyah
|
Sejarah Pertumbuhan Ilmu
Pengetahuan dari masa Umayah hingga masa Abbasiyah
|
5 x 3 Jam Pelajaran
|
4.10 Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar