Program Tahunan
(PROTA)
|
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
|
Kelas : XII
|
Tingkat Pendidikan : MA
|
Tahun
Ajaran : 2016/2017
|
Kompetensi inti
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Semester
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
(… x JP)
|
Keterangan
|
|
1
|
1.1
Meyakini
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam tujuh Al-Asma Al-Husna:
al-Ghafar, al-Razzaq, al-Malik,
al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim.
2.1 Membiasakan menerapkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam tujuh Al-Asma Al-Husna: al- Ghaffar, al- Razzaq,
al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Memahami makna tujuh Al-Asma Al-Husna: al- Ghaffar, al-Razzaq,
al-Malik, al- Hasib, al-Hadi,
al-Khalik dan al-Hakim
4.1 Melafalkan dan menghafal Al-Asma Al-Husna dengan baik
|
Memahami
·
·
·
·
·
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|||||
1.2
Menghayati
nilai-nilai positif dari amal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah
2.2
Terbiasa
berperilaku amal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah dalam
kehidupan Sehari-hari
3.2
Memahami
pengertian dan pentingnya mal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah
4.2
Menyajikan
pengertian dan pentingnya amal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah
|
Ayo
·
·
·
·
·
·
·
·
|
|
|
||
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|||||
1.3
Menghayati
dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati (pemarah).
2.3
Menghindari
nilai-nilai negatif akibat perilaku nifaq dan keras hati (pemarah).
3.3
Memahami
pengertian nifaq dan keras hati (pemarah).
4.3
Memaparkan
dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati (pemarah).
|
Menjadi
·
·
|
|
|
||
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|||||
Ulangan Tengah Semester
|
|||||
1.4
Menghayati adab yang baik dalam
bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebihtua, yang lebih muda dan lawan
jenis
2.4
Terbiasa
beradab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih
tua, yang lebih muda dan lawan
jenis.
3.4
Mengetahui
adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis.
4.4
Mempraktekkan
adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan
lawan jenis.
|
Memahami
·
·
·
·
·
|
|
|
||
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|||||
1.5
Menghayati keutamaan sifat-sifat
Al-Gazali, Ibnu Sina
2.5
Meneladani
keutamaan sifat-sifat al-Ghazali dan Ibnu Sina
3.5
Menganalisis
kisah keteladanan al-Ghazali dan Ibnu Sina
4.5
Menceritakan
kisah keteladanan al-Ghazali dan Ibnu Sina
|
Ayo
·
·
·
·
|
|
|
||
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|||||
Ulangan Semester
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
2
|
1.1
Menghayati
pentingnya nilai-nilai positif pada kompetisi dalam kebaikan (fastabiqul
Khairat), optimis, dinamis, inovatif dan kreatif.
2.1
Membiasakan
berperilaku dengan semangat berkompetisi dalam kebaikan (fastabiqul khairat),
optimis, dinamis, inovatif dan kreatif.
3.1
Menjelaskan
pengertian dan pentingnya perilaku semangat berkompetisi dalam kebaikan
(fastabiqul khairat). Optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif.
4.1
Menunjukkan
contoh perilaku berkompetisi dalam kebaikan (fastabiqul khairat), optimis,
dinamis, inovatif, dan kreatif.
|
Kegiatan Pembelajaran 1: Pengertian
·
·
Kegiatan Pembelajaran 2:
Mari
·
·
·
|
|
|
|
|
Evaluasi dan
Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
||||
|
1.2
Menghayati
bahaya fitnah, namimah dan Ghibah.
2.2
Menghindari
hal-hal yang mengarah kepada perilaku fitnah, namimah dan Ghibah.
3.2
Memahami
pengertian dan bahaya perilaku tercela fitnah, namimah dan Ghibah.
4.2
Mempresentasikan
pengertian dan bahaya perilaku tercela fitnah, namimah dan Ghibah.
|
Kegiatan Pembelajaran 1: Memahami
·
·
·
Kegiatan Pembelajaran 2:
Meneladani Asmaul Husna Allah
·
·
|
|
|
|
|
Evaluasi dan
Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
1.3 Meyakini keutamaan membaca al-Qur’an
do’a.
2.3 Terbiasa membaca al-Qur’an dan berdo’a
dengan adab yang baik.
3.3
Memahami keutamaan adab membaca al-Qur’an dan adab
berdo’a dengan baik
4.3 Mempraktikkan akhlak (adab) membaca
al-Qur’an dan berdo’a secara baik dan benar.
|
Kegiatan Pembelajaran 1: Membiasakan
·
·
·
Kegiatan Pembelajaran 2:
Menghindari
·
·
·
·
|
|
|
|
|
Evaluasi dan
Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
Ulangan Tengah
Semester
|
||||
|
1.4
Menghayati keutamaan
sifat Ibn Rusyd dan Muhammad Iqbal
2.4
Meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal.
3.4
Menganalisis keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhamad Iqbal.
4.4 Menceritakan keutamaan sifat Ibu Rusyd dan Muhammad
Iqbal.
|
Kegiatan Pembelajaran 1:
Keutamaan
·
·
·
Kegiatan Pembelajaran 2:
Mengetahui
·
·
|
|
|
|
|
Evaluasi dan
Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
Ujian Akhir
Madrasah
|
||||
|
|
Mengetahui
Kepala
MAN
( HAJARUDDIN, S.Ag.M.pd )
NIP.19741224 200710 1 001
|
Nama kota , 2017
Guru
Mapel Aqidah
akhlak
( DIANA SULAISIH, S.Ag.M.pd )
NIP.19740625 199905 2 001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar