Kamis, 26 Oktober 2017

PROTA K13 Akidah Akhlak XII MA





Program Tahunan (PROTA)


Mata Pelajaran           : Akidah Akhlak
Kelas                    : XII
Tingkat Pendidikan    : MA
Tahun Ajaran    : 2016/2017

Kompetensi inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Semester
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
(… x JP)
Keterangan

1
1.1       Meyakini sifat-sifat Allah yang terkandung dalam tujuh Al-Asma Al-Husna: al-Ghafar,      al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim.
2.1   Membiasakan menerapkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam tujuh Al-Asma      Al-Husna: al- Ghaffar, al- Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim      dalam kehidupan sehari-hari.
3.1   Memahami makna tujuh Al-Asma Al-Husna: al- Ghaffar, al-Razzaq, al-Malik, al-  Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim
4.1   Melafalkan dan menghafal Al-Asma Al-Husna dengan baik
Memahami
·        
·        
·        
·        
·        



Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan

1.2    Menghayati nilai-nilai positif dari amal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah
2.2    Terbiasa berperilaku amal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah dalam kehidupan      Sehari-hari
3.2    Memahami pengertian dan pentingnya mal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah
4.2    Menyajikan pengertian dan pentingnya amal saleh, toleransi, musawah dan ukhuwah
Ayo
·        
·        
·        
·        
·        
·        
·        
·        




Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan

1.3    Menghayati dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati (pemarah).
2.3    Menghindari nilai-nilai negatif akibat perilaku nifaq dan keras hati (pemarah).
3.3    Memahami pengertian nifaq dan keras hati (pemarah).
4.3    Memaparkan dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati (pemarah).
Menjadi
·        
·        




Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan

Ulangan Tengah Semester

1.4    Menghayati adab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebihtua, yang lebih muda dan lawan jenis
2.4    Terbiasa beradab yang baik dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua,       yang lebih muda dan lawan jenis.
3.4    Mengetahui adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda       dan lawan jenis.
4.4    Mempraktekkan adab bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis.
Memahami
·        
·        
·        
·        
·        




Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan

1.5    Menghayati keutamaan sifat-sifat Al-Gazali, Ibnu Sina
2.5    Meneladani keutamaan sifat-sifat al-Ghazali dan Ibnu Sina
3.5    Menganalisis kisah keteladanan al-Ghazali dan Ibnu Sina
4.5    Menceritakan kisah keteladanan al-Ghazali dan Ibnu Sina
Ayo
·          
·          
·          
·          




Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan

Ulangan Semester






                                                    




2
1.1     Menghayati pentingnya nilai-nilai positif pada kompetisi dalam kebaikan (fastabiqul Khairat), optimis, dinamis, inovatif dan kreatif.
2.1     Membiasakan berperilaku dengan semangat berkompetisi dalam kebaikan (fastabiqul khairat), optimis, dinamis, inovatif dan kreatif.
3.1     Menjelaskan pengertian dan pentingnya perilaku semangat berkompetisi dalam kebaikan (fastabiqul khairat). Optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif.
4.1     Menunjukkan contoh perilaku berkompetisi dalam kebaikan (fastabiqul khairat), optimis, dinamis, inovatif, dan kreatif.

Kegiatan Pembelajaran 1: Pengertian
·        
·        

Kegiatan Pembelajaran 2:
Mari
·        
·        
·        




Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan


1.2     Menghayati bahaya fitnah, namimah dan Ghibah.
2.2     Menghindari hal-hal yang mengarah kepada perilaku fitnah, namimah dan Ghibah.
3.2     Memahami pengertian dan bahaya perilaku tercela fitnah, namimah dan Ghibah.
4.2     Mempresentasikan pengertian dan bahaya perilaku tercela fitnah, namimah dan Ghibah.

Kegiatan Pembelajaran 1: Memahami
·        
·        
·        

Kegiatan Pembelajaran 2:
Meneladani Asmaul Husna Allah
·        
·        





Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan





1.3     Meyakini keutamaan membaca al-Qur’an do’a.
2.3     Terbiasa membaca al-Qur’an dan berdo’a dengan adab yang baik.
3.3     Memahami keutamaan adab membaca al-Qur’an dan adab berdo’a dengan baik
4.3    Mempraktikkan akhlak (adab) membaca al-Qur’an dan berdo’a secara baik dan benar.

Kegiatan Pembelajaran 1: Membiasakan
·        
·        
·        

Kegiatan Pembelajaran 2:
Menghindari
·        
·        
·        
·        




Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan





Ulangan Tengah Semester


1.4     Menghayati keutamaan sifat Ibn Rusyd dan  Muhammad Iqbal
2.4     Meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal.
3.4     Menganalisis keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhamad Iqbal.
4.4    Menceritakan keutamaan sifat Ibu Rusyd dan Muhammad Iqbal.
Kegiatan Pembelajaran 1:
Keutamaan
·        
·        
·        

Kegiatan Pembelajaran 2:
Mengetahui
·        
·        




Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan





Ujian Akhir Madrasah






Mengetahui
Kepala MAN



( HAJARUDDIN, S.Ag.M.pd )
 NIP.19741224 200710 1 001

Nama kota ,  2017
Guru Mapel Aqidah akhlak



( DIANA SULAISIH, S.Ag.M.pd )
 NIP.19740625 199905 2 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILABUS K13 Pendidikan Agama Islam VIII SMP

SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI Satuan Pendidikan              : SMP Negeri Kelas             ...