RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 1 Langsa
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Materi Pokok : Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Materi Pokok : Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Kompotensi
Inti
KI.1
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
|
KI.3
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
KI.4
|
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.2
|
Meyakini Kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari
|
2.7
|
Menghargai
perilaku semangat menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan sebagai
implementasi dari pemahaman
|
3.4
|
Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
|
4.4
|
Menyajikan dalil naqli
tentang beriman Kitab-kitab Allah
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui pendekatan saintifik peserta didik mampu :
1.
Iman Kepada Kitab-kitab Allah
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Iman Kepada Kitab-kitab Allah
E. PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model :
Cooperatif Learning
3.
Metode : Diskusi
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN:
1. Media : Al Qur’an dan
terjemahnya Depag RI
2. Alat /Bahan : Komputer/laptop, LCD, Power Point.
3. Sumber belajar :
a.
Al Qur’an dan
terjemahnya Depag RI
b.
Buku Teks PAI kelas VIII
c.
Buku-buku Penunjang PAI kelas
VIII
d.
CD/Video
Pembelajaran Interaktif
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
a.
Persiapan psikis dan fisik dengan
membuka pelajaran.dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama (menghayati
ajaran agama) dilanjutkan dengan absensi.
b.
Menginformasikan tujuan yang akan
dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu)
c.
Menyampaikan secara singkat garis
besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
d.
Memberi motivasi siswa untuk
aktif dalam proses pembelajaran dengan
mengucapkan
yel yel ( jika ditanya apa kabar dunia ?, jawabannya “tetep asyik...” dan
jika ditanya “masih semangat?”,
jawabannya “ Alhamdulillah... Allahu Akbar !”
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mengamati dan mencermati
gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada kitab-kitab allah.
·
Menyimak dan membaca kembali
penjelasan iman kepada kitab-kitab allah.
·
Membaca dalil naqli tentang
iman kepada kitab-kitab allah beserta artinya.
Menanya
·
Peserta didik mengajukan
pertanyaan mengenai perbedaan/persamaan kitab-kitab Allah yang diturunkan
kepada para nabi dan rasul-Nya.
Eksperimen/explore
·
Menggali pengetahuan tentang
kitab-kitab Allah melaui berbagai media yang ada.
·
Mencari dan menelaah dalil
naqli tentang keberadaan kitab-kitab Allah selain al-Qur’an.
·
Mengumpulkan bukti-bukti
selain dalil naqli tentang kitab-kitab Allah selain al-Qur’an.
·
Mengumpulkan contoh-contoh
nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab-kitab Allah.
Asosiasi
·
Menganalisis hasil temuan isi
ajaran Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur’an.
·
Menghubungkan antara sikap
penganut agama dengan kitab sucinya masing-masing.
Komunikasi
·
Membacakan dalil naqli
beserta artinya yang menunjukkan bukti diturunkannya kitab-kitab suci Allah
mulai Taurat, Zabur, Inji, dan Al-Qur’an.
·
Memaparkan hasil temuan dari
analisis terhadap kitab-kitab suci yang turunkan kepada para Nabinya.
Memaparkan hubungan antara sikap para pengikut kitab suci/agama dengan
perilakunya sehari-hari.
|
55 menit
|
Penutup
|
a.
Peserta didik dengan guru bersama-sama menyimpulkan
materi pembelajaran.
b.
Melaksanakan test tulis.
c.
Memberikan tugas di rumah untuk membaca materi yang
akan disajikan pada pertemuan berikutnya.
d.
Mengakhiri pembelajaran dengan mengajak peserta didik
berdo’a sesuai keyakinan masing-masing.
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Mensyukuri
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran
...
2.
Sikap sosial
a.
Teknik : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar observasi
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Santun
|
1
|
|
Peduli
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran
...
3.
Pengetahuan
a.
Teknik : Tes lisan
b.
Bentuk Instrumen : Quis
c.
Kisi-kisi :
NO
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1
|
|
1
|
2
|
|
2
|
3
|
|
3
|
4
|
|
4
|
4.
Keterampilan
a.
Kisi-kisi :
No.
|
Keterampilan
|
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Butir
Instrumen
|
|
Mengobservasi
|
Produk
|
Rubrik
|
1
|
|
Diskusi
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
2
|
|
Presentasi
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
3
|
Mengetahui, Langsa, Oktober 2016
Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Langsa Guru Mata Pelajaran PAI
SURYA RENI, S.Pd AINUL
MARDHIAH, BA
NIP. 19580203 1978031 2001 NIP. 19601231 198703 2021
LAMPIRAN
Sikap
Spiritual
NO
|
Nama
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Total Skor
|
|
Mensyukuri
|
Santun
|
Peduli
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a.
Sikap Spriritual
1)
Indikator sikap
spiritual “mensyukuri”:
-
Berdoa sebelum dan
sesudah kegiatan pembelajaran.
-
Memberi salam pada
saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
-
Memelihara hubungan
baik dengan sesama teman sekelas yang berbeda agama.
2)
Rubrik pemberian
skor:
-
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut.
-
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan
tersebut
-
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut
-
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut
b.
Sikap Sosial.
1.
Sikap Santun
1) Indikator sikap sosial “santun”
-
Tidak menyela pembicaraan.
-
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
-
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
2) Rubrik pemberian skor
-
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut.
-
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan
tersebut
-
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan
tersebut
-
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut
2.
Sikap peduli
1) Indikator
sikap sosial “santun”
-
Mengingatkan teman
jika ada kesalahan
-
Selalu menjaga
barang-barang milik sekolah
-
Tidak
mencorat-coret sembarangan
-
Menjaga lingkungan
sekolah tetap bersih dan nyaman
2) Rubrik
pemberian skor
-
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut.
-
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan
tersebut
-
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan
tersebut
-
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Nomor
|
Butir
Instrumen
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
Nilai = Jumlah skor
RUBRIK
PENILAIAN DISKUSI (KETERAMPILAN)
Tema :
Sub Tema :
Sub sub Tema :
Kelompok
:
.................
Kelas
/Smt :
VIII/1
Alokasi
Waktu : 10 menit
No
Urut
|
Kategori
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
A
|
KUALITAS
|
|
|
|
|
1
|
Persiapan
baik
|
|
|
|
|
2
|
Organisasi
jelas
|
|
|
|
|
3
|
Memberikan
informasi yang didukung oleh fakta / buku
|
|
|
|
|
4
|
Informasi
disampaikan dengan jelas
|
|
|
|
|
5
|
Argumentasi
|
|
|
|
|
6
|
Pernyataan
(statement) bersifat persuasif
|
|
|
|
|
B
|
ETIKA
|
|
|
|
|
1
|
Menghormati
argumentasi teman dan tidak emosional
|
|
|
|
|
2
|
Saling
mendengarkan dan merespon
|
|
|
|
|
3
|
Tidak
menghina (menyela pembicaraan)
|
|
|
|
|
4
|
Tidak
mendominasi pembicaraan
|
|
|
|
|
5
|
Secara aktif ikut terlibat
|
|
|
|
|
C
|
LAIN.-LAIN
|
|
|
|
|
1
|
Cara
mengevaluasi atau mengkritik teman
|
|
|
|
|
2
|
Membuat
kesimpulan sementara berdasarkan bukti yang disampaikan kedua
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Keseluruhan
|
|
|
|
|
Keterangan: Skor 4: Baik Sekali,
Skor 3: Baik, Skor 2: Cukup, Skor 1: Kurang.
KRITERIA:
45 ke atas =
A (Baik Sekali & Berkualitas)
30-44 = B (Baik)
15-29 = C (Cukup)
< 14 = D (Kurang memenuhi syarat)
KOMENTAR:..
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
RUBRIK PENILAIAN
KETERAMPILAN (PRESENTASI)
Tema :
Sub Tema :
Sub sub Tema :
Kelompok
:
.................
Kelas
/Smt :
VIII/1
Alokasi
Waktu : 10 menit
No
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan presentasi
1 - 4
|
Kemampuan berargumentasi
1 – 4
|
Kemampuan Menjawab
1 - 4
|
Penguasaan Materi
1 - 4
|
Jumlah Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor rentang antara 1 –
4 dengan rincian :
4
= Amat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Petunjuk
Penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor
3,20 – 4,00
Baik : apabila memperoleh skor 2,80 – 3,19
Cukup
: apabila
memperoleh skor 2.40 – 2,79
Kurang
: apabila memperoleh skor
kurang 2.40
Tidak ada komentar:
Posting Komentar