Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P
) Kurikulum 2013
Satuan
Pendidikan
|
:
|
MAN
|
Mata Pelajaran
|
:
|
|
Tema / Subtema
|
:
|
Ibnu Rusyd
dan Muhammad Iqbal
|
Kelas /
Semester
|
:
|
XII (Dua Belas) / 2
|
Materi
Pokok
|
:
|
Meneladani
Sifat Utama Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
I.
Kompetensi Inti (KI)
KI.I Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai,
santun, responsive dan pro aktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3 Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI.4 Mengolah, menalar dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya disekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
II.
Kompetensi Dasar (KD)
1.4 Menghayati keutamaan sifat Ibn Rusyd dan Muhammad Iqbal
2.4
Meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal.
3.4
Menganalisis keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhamad Iqbal.
4.4
Menceritakan keutamaan sifat Ibu Rusyd dan Muhammad Iqbal.
III. Tujuan
Pembelajaran
Setelah melaksanakan proses menamati, menanya,
menalar, mencoba dan mengomunikasikan diharapkan:
a. Siswa dapat menyebutkan keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
b. Siswa dapat menunjukkan sikap meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan
Muhammad Iqbal
c. Siswa dapat menceritakan keteladanan Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
IV.
Indikator Pencapaian
a. Menyebutkan keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
b. Menunjukkan sikap meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad
Iqbal
c. Menceritakan keteladanan Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
V. Materi
Pokok
A. IBNU RUSYD
1. Sejarah Singkat Ibnu Rusyd
Nama lengkapnya adalah Abu al Walid Muhammad ibn Ahmad
ibn Rusyd. Lahir pada tahun 520 H atau 1126 M di kota Kordoba Andalus (Spanyol)
dari keluarga bangsawan dan terpelajar.
Pendidikan awalnya ditempuh di tempuh di Kordoba. Di
sini ia belajar ilmu tafsir, hadits, fikih, akidah, bahasa Arab, matematika,
fisika, astronomi, logika, filsafat dan kedokteran. Koodoba saat itu dikenal
sebagai kota ilmu khususnya kajian filsafat yang sepadan dengan kota-kota
lainnya seperti Damaskus, Baghdad dan Mesir.
Setelah menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1159 M
ia dipanggil oleh gubernur Seville untuk melakukan reformasi pendidikan.
Setelah itu pada tahun 1182 ia diangkat sebagai hakim di Kordoba. Beberapa
bulan kemudian ia pergi ke Maroko diangkat sebagai penasihat khalifah
menggantikan Ibnu Thufail(1105-1185 M). Di sini Ibnu Rusyd memperdalam ilmu
filsafat.
2.Keteladanan Ibnu Rusyd
Meskipun berasal dari keluarga kaya dan terhormat,
tidak menjadikan Ibnu Rusyd bermalas malasan. Beliau adalah seorang yang
mencintai ilmu pengetahuan, cerdas dan selalu mempertahankan ketaatannya kepada
Allah swt. Terdapat suatu riwayat yang menjelaskan bahwa dirinya tidak pernah
terlepas dari membaca buku kecuali di malam saat orang tuanya wafat dan di
malam pertama hari perkawinannnya.
3. Karya-karya Ibnu Rusyd
Ibnu Rusyd memiliki banyak karya. Ernert Renan
(1823-1892 M) pernah melacak karya Ibnu Rusyd dan ditemukan berjumlah 78 buah
yang tersebar di dalam berbagai diplin ilmu diantaranya 28 buah di bidang
filsafat, 20 buah di bidang kedokteran, 5 buah dalam teologi, 8 buah dalam
hukum, 4 buah dalam astronomi, 2 buah dalam sastra dan 11 buah dalam ilmu-ilmu
lain. Di antara karya-karya Ibnu Rusyd adalah Bidayah al- Mujtahid wa
Nihayah al-Muqtashid (Permulaan Mujtahid dan puncak Muqtasid) , Fasl
al-Maqali fi ma Bain al-Hikmah wa al- Syari’ah min al-Ittishal (Mempertemukan
Filsafat dan Syariat).
4. Kisah akhir
Pada tahun 1195 Ibnu Rusyd mengalami cobaan hidup. Ia
terkena fitnah sehingga diasingkan di kawasan Atlantik. Seluruh buku-bukunya
dimusnahkan. Peristiwa ini tidak berlangsung lama karena pihak kerajaan
menyadari kekeliruannya dan merehabilitasi
nama baiknya. Pada tahun 595 H/1198 M diusia 72 tahun ia wafat di Maroko
lalu jenazahnya dibawa menuju Kordoba.
B. MUHAMMAD IQBAL
1.Sejarah Singkat Muhammad Iqbal
Muhamad Iqbal dilahirkan di Sialkot, Punjab India pada
tanggal 22 Februari, tahun 1873 (pendapat lain 1876). Beliau berasal dari
keluarga yang secara status sosial berkategori sedang. Ayahnya pada mulanya
adalah seorang pegawai, tetapi kemudia beralih menjadi seorang pedagang. Nenek
moyang Muhammad Iqbal adalah orang-orang Brahmana Kasymir yang memeluk agama
Islam tiga abad sebelum kelahiran Muhammad Iqbal. Keluarga dikenal memiliki
rasa kejiwaan yang mistis dan rasa keagamaan yang angat dalam. Keadaan yang demikian
sangat berpengaruh pada Muhammad Iqbal.
Pada mulanya Muhammad Iqbal mempelajari al Qur’an dari
ayahnya Nur Muhammad, kemudian masuk Murry College, salah satu guru Muhammad
Iqbal adalah Mir Hasan, seorang guru besar sastra. Dialah yang sangat mempengaruhi
kemampuan Muhammad Iqbal, karena sejak saat itu, beliau benyak mengubah
syair-syair. Sedangkan guru Muhammad Iqbal dalam bidang sejarah an filsafat
adalah Sir Thomas Arnold.
2. Keteladanan Muhammad Iqbal
Muhammad Iqbal memiliki pandangan yang luas mengenai
umat Islam. Ia berpendapat kemunduran umat Islam karena kebekuan pemikiran
mereka. Menurut Iqbal hukum di dalam Islam sesungguhnya tidak statis. Ia dapat
berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu ia berpendapat bahwa
pintu ijtihad masih terbuka lebar. Oleh karena itu seorang muslim harus
menggunakan akalnya semaksimal mungkin sebagaimana anjuran al-Qur’an yang
memerintahkan manusia untuk berpikir dengan akalnya mengenai kedaan alam
semesta.
Menurut Iqbal Intisari hidup adalah gerak dan hukum
hidup adalah menciptkan. Oleh karena itu Muhammad Iqbal menyerukan agar umat
Islam bangkit untuk menciptakan dunia baru. Pemikiran Muhammad Iqbal ini di
dunia Islam terkenal dengan paham dinamisme.
3.Karya-karya Muhammad Iqbal
Muhammad Iqbal adalah seorang penyair dan Filosof.
Pemikirannya mengenai kemajuan dan kemunduran umat Islam mempunyai pengaruh
yang besar. Ia memiliki banyak karya di antaranya The development of
Metaphisics in Persia (Perkembangan Metafisika di Persia) yang merupakan
disertasinya.
Selain itu karyanya yang lain adalah The
Recontructions of Religious Thought in Islam yang merupakan hasil
ceramahnya di beberapa universitas di India. Ia wafat pada usia enam
puluh dua tahun pada tahun 1938.
VI. Proses
Pembelajaran
a. Persiapan
1) Pembelajaran dimulai dengan guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2) Memeriksa kehadiran, kerapian
berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Memotivasi peserta didik dengan
kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi.
4) Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
5) Mengajukan pertanyaan secara komunikatif
materi sebelumnya meneladani keutamaan sifat Ibnu Ruysd dan Muhammad Iqbal
6) Media/alat peraga/alat bantu
bisa berupa tulisan manual di papan tulis/whiteboard, kertas karton
(tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca) atau bisa juga menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
7) Model pengajaran yang digunakan
dalam kompetensi ini adalah bermain peran (role playing). Model
pembelajaran ini bertujuan untukmengeksplorasi perasaan peserta didik,
mentransfer dan mewujudkan pandangan mengenai perilaku, nilai dan persepsi
peserta didik, mengembangkan keterampilan (skill) pemecahan masalah dan
tingkah laku, mengeksplorasi materi pelajaran dalam cara yang berbeda.
b. Pelaksanaan
1) Guru meminta peserta didik untuk
mencermati gambar dan renungan yang ada dikolom “ Mari mengamati”.
2) Siswa mengemukakan pendapatnya
tentang hasil pencermatannya.
3) Guru memberikan penjelasan
tambahan dan penguatan terhadap hasil pencermatannyan tentang gambar .
4) Guru meminta kembali siswa untuk
mengamati gambar yang ada yang ada di kolom “Mari Mengamati”.
5) Siswa mengemukakan pendapatnya
tentang gambar tersebut.
6) Guru memberikan penjelaskan
tambahan kembali dan penguatan yang dikemukakan Siswa tentang isi gambar
tersebut.
7) Siswa menyimak penjelasan guru
atau mencermati gambar atau tayangan visual/ film tentang contoh empati dan
menghormati orang tua serta guru secara klasikal atau individual.
8) Guru membentuk kelompok dan
memberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
9) Secara bergantian, masing-masing
kelompok menyampaikan hasilnya, sedangkan kelompok lainnya
memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
10) Guru memberikan kuis/pertanyaan
kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis siswa tidak boleh saling
membantu.
11) Guru memberikan penambahan dan
penguatan kepada siswa tentang meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan
Muhammad Iqbal .
12) Guru menyampaikan skenario dan
memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk memainkan peran yang telah
ditentukan.
13) Secara bergantian masing-masing
kelompok menampilkan perannya sesuai dengan tema yang telah dipelajarinya
sedangkan kelompok yang lain memperhatikannya.
14) Guru membimbing peserta didik
untuk membaca kisah “Umar dan Orang Tua”.
15) Peserta didik mengemukakan
pendapatnya tentang hikmah dari kisah “Umar danOrang Tua”.
16) Guru memberikan penjelasan
tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
17) Guru dan peserta didik
menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku
teks siswa pada kolom rangkuman.
18) Pada kolom “Ayo Berlatih”, guru
a. Meminta peserta didik untuk
mengerjakan bagian pilihan ganda dan uraian.
b. Membimbing peserta
didik untuk mengamati dirinya sendiri tentang perilaku- perilaku yang
mencerminkan orang yang meneladani sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal di
lingkungannya (kolom tugas).
c. Penutup
a. Penguatan
materi : Pendidik memberikan ulasan
secara umum terkait
dengan proses pembelajaran dan
hasil diskusi.
b. Mengadakan
tanya jawab tentang akidah Islam
c. Guru
merefleksi nilai-nialai mulai dalam materi akidah Islam.
d. Menutup pelajaran
dengan membaca salam,
kafaratul majlis dan membaca hamdalah.
VII.
Penilaian
Skor penilaian sebagai berikut.
a) Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x1 = 10)
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e, di depan jawaban
yang paling
benar !
1. Abu al-Walid Muhammad ibn Ahmad
ibn Rusyd merupakan nama lengkap dari....
a. Ibnu Rusyd
d.Ibn al-Qayim
b.Ibnu Tufail
e. Ibnu Taimiyah
c. Ibnu Batutah
2. Di manakah Ibnu mempelajari ilmu
tafsir, hadits, fikih, akidah, bahasa Arab, matematika, fisika, astronomi,
logika, filsafat dan kedokteran. …
a. Baghdad
d. Kufah
b. Bashrah
e. Fest
c. Kordova
3. Apa yang diperdalam oleh Ibnu
Rusyd saat ia menetap di Maroko….
a. tafsir
d. filsafat
b. hadits
e. kedokteran
c. fikih
4. Menurut Ernert Renan karya Ibnu
Rusyd berjumlah…karya ilmiah
a. 70 b.72 c. 74 d. 76 e. 78
5. Di dalam hidupnya Ibnu Rusy pernah
terkena fitnah dan ia diasingkan di. …
a. Pacific
d. Kordova
b. Atlantik
e. Damaskus
c. Syria
6. Muhammad Iqbal berasal dari
keluarga ekonomi….
a. lemah d. miskin
b. kuat
e. kaya
c. menengah
7. Pada tahun 1930 Muhammad Iqbal
diangkat sebagai …
a. presiden Liga
Muslim d.
presiden Nato
b. presiden India e.
presiden dunia Islam
c. presiden umat Islam
8. Menurut Muhammad Iqbal intisari
hidup manusia adalah...
a. hati
d. Gerak
b. tubuh e.
perbuatan
c. panca indera
9. Paham yang dianut oleh Muhammad
Iqbal dalam rangka membangkitkan umat Islam
a.fatalisme
d. natural
b. dinamis e.free will
c. statis
10. Selain sebagai seorang penyair Muhammad Iqbal juga sebagai seorang …
a.faqih
d. mufassir
b. muhaddits e. sufi
c. filosof
Catatan: Skor tiap item soal yang benar 10
2. Uraian Singkat (dapat dibaca di Bab I bagian evaluasi sub a)
Catatan: Skor jawaban benar tiap soal 2
3. Essay (dapat dibaca di Bab I bagian evaluasi sub b)
Catatan: Skor jawaban benar tiap item soal 2
4. Portofolio dan Penilaian Sikap (dapat
dibaca di Bab I bagian
evaluasi sub c)
Catatan:
Skor penilaian sebagai berikut:
a. Jika peserta didik
dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang
diamati serta alasannya benar, nilai 100.
b. Jika peserta didik dapat
mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati
serta alasannya benar, nilai 90.
c. Jika peserta didik dapat
mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati
serta alasannya sedikit ada kekurangan,
nilai 80.
VI.
Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi diberi tugas
untuk mencari contoh kisah teladan yang ada hubungannya dengan empati, hormat
kepada orang tua dan guru (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi
peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
VII.
Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi akan
dijelaskan kembali oleh guru materi “Berempati Itu Mudah Menghormati Itu Indah”
dan melakukan penilaian kembali (lihat poin 5) dengan soal yang sejenis.
Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contohnya:
pada saat jam pelajaran apabila masih ada waktu atau diluar jam pelajaran (30
menit setelah jam pelajaran selesai).\
VIII.
Interaksi Guru Dengan Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Ayo
Berlatih” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan
paraf. Cara lainnya dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang
tua tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran
atau berkomunikasi langsung, baik langsung maupun melalui telepon tentang
perkembangan perilaku anaknya.
Mengetahui
Kepala MAN
(
HAJARUDDIN, S.Ag.M.pd )
NIP.19741224
200710 1 001
|
Nama kota , 2017
Guru Mapel Aqidah
akhlak
( DIANA
SULAISIH, S.Ag.M.pd )
NIP.19740625 199905 2 001
|
Makasih. Membantu bangett
BalasHapus