Kamis, 26 Oktober 2017

RPP K13 Akidah Akhlak XII MA Meneladani Sifat Utama Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P ) Kurikulum 2013

Satuan Pendidikan
:  
MAN 
Mata Pelajaran
:
Tema / Subtema
:
Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
Kelas / Semester
:
XII (Dua Belas) / 2
Materi Pokok
:
Meneladani Sifat Utama Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
Alokasi Waktu
:
2 x 45 Menit

I. Kompetensi Inti (KI)
KI.I   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai, santun, responsive dan pro aktif)  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4 Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri,  bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

II. Kompetensi Dasar (KD)
1.4 Menghayati keutamaan sifat Ibn Rusyd dan  Muhammad Iqbal
2.4 Meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal.
3.4 Menganalisis keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhamad Iqbal.
4.4 Menceritakan keutamaan sifat Ibu Rusyd dan Muhammad Iqbal.

III. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan proses menamati, menanya, menalar, mencoba dan mengomunikasikan diharapkan:
a. Siswa dapat menyebutkan keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
b. Siswa dapat menunjukkan sikap meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
c. Siswa dapat menceritakan keteladanan Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal

IV. Indikator Pencapaian
a. Menyebutkan keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
b. Menunjukkan sikap meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal
c. Menceritakan keteladanan Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal

V. Materi Pokok
A. IBNU RUSYD
1. Sejarah Singkat Ibnu Rusyd
Nama lengkapnya adalah Abu al Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Rusyd. Lahir pada tahun 520 H atau 1126 M di kota Kordoba Andalus (Spanyol) dari keluarga bangsawan  dan terpelajar.
Pendidikan awalnya ditempuh di tempuh di Kordoba. Di sini ia belajar ilmu tafsir, hadits, fikih, akidah, bahasa Arab, matematika, fisika, astronomi, logika, filsafat dan kedokteran. Koodoba saat itu dikenal sebagai kota ilmu khususnya kajian filsafat yang sepadan dengan kota-kota lainnya seperti Damaskus, Baghdad dan Mesir.
Setelah menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1159 M ia dipanggil oleh gubernur Seville untuk melakukan reformasi pendidikan. Setelah itu pada tahun 1182 ia diangkat sebagai hakim di Kordoba. Beberapa bulan kemudian ia pergi ke Maroko diangkat sebagai penasihat khalifah menggantikan Ibnu Thufail(1105-1185 M). Di sini Ibnu Rusyd memperdalam ilmu filsafat.
2.Keteladanan Ibnu Rusyd
Meskipun berasal dari keluarga kaya dan terhormat, tidak menjadikan Ibnu Rusyd bermalas malasan. Beliau adalah seorang yang mencintai ilmu pengetahuan, cerdas dan selalu mempertahankan ketaatannya kepada Allah swt. Terdapat suatu riwayat yang menjelaskan bahwa dirinya tidak pernah terlepas dari membaca buku kecuali di malam saat orang tuanya wafat dan di malam pertama hari perkawinannnya.
3. Karya-karya Ibnu Rusyd
Ibnu Rusyd memiliki banyak karya. Ernert Renan (1823-1892 M) pernah melacak karya Ibnu Rusyd dan ditemukan berjumlah 78 buah yang tersebar di dalam berbagai diplin ilmu diantaranya 28 buah di bidang filsafat, 20 buah di bidang kedokteran, 5 buah dalam teologi, 8 buah dalam hukum, 4 buah dalam astronomi, 2 buah dalam sastra dan 11 buah dalam ilmu-ilmu lain. Di antara karya-karya Ibnu Rusyd adalah Bidayah al- Mujtahid wa Nihayah al-Muqtashid (Permulaan Mujtahid dan puncak Muqtasid) , Fasl al-Maqali fi ma Bain al-Hikmah wa al- Syari’ah min al-Ittishal (Mempertemukan Filsafat dan Syariat).
4. Kisah akhir
Pada tahun 1195 Ibnu Rusyd mengalami cobaan hidup. Ia terkena fitnah sehingga diasingkan di kawasan Atlantik. Seluruh buku-bukunya dimusnahkan. Peristiwa ini tidak berlangsung lama karena pihak kerajaan menyadari kekeliruannya dan merehabilitasi  nama baiknya. Pada tahun 595 H/1198 M diusia 72 tahun ia wafat di Maroko lalu jenazahnya dibawa menuju Kordoba.

B. MUHAMMAD IQBAL
1.Sejarah Singkat Muhammad Iqbal
Muhamad Iqbal dilahirkan di Sialkot, Punjab India pada tanggal 22 Februari, tahun 1873 (pendapat lain 1876). Beliau berasal dari keluarga yang secara status sosial berkategori sedang. Ayahnya pada mulanya adalah seorang pegawai, tetapi kemudia beralih menjadi seorang pedagang. Nenek moyang Muhammad Iqbal adalah orang-orang Brahmana Kasymir yang memeluk agama Islam tiga abad sebelum kelahiran Muhammad Iqbal. Keluarga dikenal memiliki rasa kejiwaan yang mistis dan rasa keagamaan yang angat dalam. Keadaan yang demikian sangat berpengaruh pada Muhammad Iqbal.
Pada mulanya Muhammad Iqbal mempelajari al Qur’an dari ayahnya Nur Muhammad, kemudian masuk Murry College, salah satu guru Muhammad Iqbal adalah Mir Hasan, seorang guru besar sastra. Dialah yang sangat mempengaruhi kemampuan Muhammad Iqbal, karena sejak saat itu, beliau benyak mengubah syair-syair. Sedangkan guru Muhammad Iqbal dalam bidang sejarah an filsafat adalah Sir Thomas Arnold.
2. Keteladanan Muhammad Iqbal
Muhammad Iqbal memiliki pandangan yang luas mengenai umat Islam. Ia berpendapat kemunduran umat Islam karena kebekuan pemikiran mereka. Menurut Iqbal hukum di dalam Islam sesungguhnya tidak statis. Ia dapat berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu ia berpendapat bahwa pintu ijtihad masih terbuka lebar. Oleh karena itu seorang muslim harus menggunakan akalnya semaksimal mungkin sebagaimana anjuran al-Qur’an yang memerintahkan manusia untuk berpikir dengan akalnya mengenai kedaan alam semesta.
Menurut Iqbal Intisari hidup adalah gerak dan hukum hidup adalah menciptkan. Oleh karena itu Muhammad Iqbal menyerukan agar umat Islam bangkit untuk menciptakan dunia baru. Pemikiran Muhammad Iqbal ini di dunia Islam terkenal dengan paham dinamisme.
3.Karya-karya Muhammad Iqbal
Muhammad Iqbal adalah seorang penyair dan Filosof. Pemikirannya mengenai kemajuan dan kemunduran umat Islam mempunyai pengaruh yang besar. Ia memiliki banyak karya di antaranya The development of Metaphisics in Persia (Perkembangan Metafisika di Persia) yang merupakan disertasinya.
Selain itu karyanya yang lain adalah The Recontructions of Religious Thought in Islam yang merupakan hasil ceramahnya di beberapa universitas di India. Ia wafat pada usia enam puluh dua tahun pada tahun 1938.

VI. Proses Pembelajaran
a. Persiapan
1)    Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)    Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)    Memotivasi peserta didik dengan kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi.
4)    Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya meneladani keutamaan sifat Ibnu Ruysd dan Muhammad Iqbal
6)    Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis/whiteboard, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca) atau bisa juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
7)    Model pengajaran yang digunakan dalam kompetensi ini adalah bermain peran (role playing). Model pembelajaran ini bertujuan untukmengeksplorasi perasaan peserta didik, mentransfer dan mewujudkan pandangan mengenai perilaku, nilai dan persepsi peserta didik, mengembangkan keterampilan (skill) pemecahan masalah dan tingkah laku, mengeksplorasi materi pelajaran dalam cara yang berbeda.
b. Pelaksanaan
1)    Guru meminta peserta didik untuk mencermati gambar dan renungan yang ada dikolom “ Mari mengamati”.
2)    Siswa mengemukakan pendapatnya tentang hasil pencermatannya.
3)    Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil pencermatannyan tentang gambar .
4)    Guru meminta kembali siswa untuk mengamati gambar yang ada yang ada di kolom “Mari Mengamati”.
5)    Siswa mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut.
6)    Guru memberikan penjelaskan tambahan kembali dan penguatan yang dikemukakan Siswa tentang isi gambar tersebut.
7)    Siswa menyimak penjelasan guru atau mencermati gambar atau tayangan visual/ film tentang contoh empati dan menghormati orang tua serta guru secara klasikal atau individual.
8)    Guru membentuk kelompok dan memberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
9)    Secara bergantian, masing-masing kelompok menyampaikan hasilnya, sedangkan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
10)  Guru memberikan kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis siswa tidak boleh saling membantu.
11)  Guru memberikan penambahan dan penguatan kepada siswa tentang meneladani keutamaan sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal .
12)  Guru menyampaikan skenario dan memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk memainkan peran yang telah ditentukan.
13)  Secara bergantian masing-masing kelompok menampilkan perannya sesuai dengan tema yang telah dipelajarinya sedangkan kelompok yang lain memperhatikannya.
14)  Guru membimbing peserta didik untuk membaca kisah “Umar dan Orang Tua”.
15)  Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah “Umar danOrang Tua”.
16)  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
17)  Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman.


18)  Pada kolom “Ayo Berlatih”, guru
a.     Meminta peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan ganda dan uraian.
b.    Membimbing peserta didik untuk mengamati dirinya sendiri tentang perilaku- perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani sifat Ibnu Rusyd dan Muhammad Iqbal di lingkungannya (kolom tugas).
c.  Penutup
a.  Penguatan materi : Pendidik  memberikan  ulasan  secara  umum  terkait  dengan  proses pembelajaran dan hasil diskusi.
b. Mengadakan tanya jawab tentang akidah Islam
c.  Guru merefleksi nilai-nialai mulai dalam materi akidah Islam.
d.  Menutup  pelajaran  dengan  membaca  salam,  kafaratul  majlis  dan membaca hamdalah.

VII. Penilaian
Skor penilaian sebagai berikut.
a) Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x1 = 10)
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e, di depan jawaban yang paling
benar !
1. Abu al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Rusyd merupakan nama lengkap dari....
a. Ibnu Rusyd                                                   d.Ibn al-Qayim
b.Ibnu Tufail                                                    e. Ibnu Taimiyah
c. Ibnu Batutah
2. Di manakah Ibnu mempelajari ilmu tafsir, hadits, fikih, akidah, bahasa Arab, matematika, fisika, astronomi, logika, filsafat dan kedokteran. …
a. Baghdad                                                          d. Kufah
b. Bashrah                                                           e. Fest
c. Kordova
3. Apa yang diperdalam oleh Ibnu Rusyd saat ia menetap di Maroko….
a. tafsir                                                               d. filsafat
b. hadits                                                              e. kedokteran
c. fikih
4. Menurut Ernert Renan karya Ibnu Rusyd berjumlah…karya ilmiah
a. 70                 b.72                      c. 74                 d. 76                        e. 78


5. Di dalam hidupnya Ibnu Rusy pernah terkena fitnah dan ia diasingkan di. …
a. Pacific                                                          d. Kordova
b. Atlantik                                                        e. Damaskus
c. Syria
6. Muhammad Iqbal berasal dari keluarga ekonomi….
a. lemah                                                           d. miskin
b. kuat                                                              e. kaya
c. menengah
7. Pada tahun 1930 Muhammad Iqbal diangkat sebagai …
a. presiden Liga Muslim                                d. presiden Nato
b. presiden India                                            e. presiden dunia Islam
c. presiden umat Islam
8. Menurut Muhammad Iqbal intisari hidup manusia adalah...
a. hati                                                            d. Gerak
b. tubuh                                                         e. perbuatan
c. panca indera
9. Paham yang dianut oleh Muhammad Iqbal dalam rangka membangkitkan umat Islam
a.fatalisme                                                    d. natural
b. dinamis                                                     e.free will
c. statis
10. Selain sebagai seorang penyair Muhammad Iqbal juga sebagai seorang …
a.faqih                                                         d. mufassir
b. muhaddits                                                e. sufi
c. filosof

Catatan: Skor tiap item soal yang benar  10
2.   Uraian Singkat (dapat dibaca di Bab I bagian evaluasi sub a)
Catatan: Skor jawaban benar tiap soal 2
3.   Essay (dapat dibaca di Bab I bagian evaluasi sub b)
Catatan: Skor jawaban benar tiap item soal 2
4.   Portofolio dan Penilaian Sikap (dapat dibaca di Bab I bagian evaluasi sub c)



Catatan:
Skor penilaian sebagai berikut:
a.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
b.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
c.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya   sedikit ada kekurangan, nilai 80.

VI. Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi diberi tugas untuk mencari contoh kisah teladan yang ada hubungannya dengan empati, hormat kepada orang tua dan guru (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

VII. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi “Berempati Itu Mudah Menghormati Itu Indah” dan melakukan penilaian kembali (lihat poin 5) dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contohnya: pada saat jam pelajaran apabila masih ada waktu atau diluar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).\

VIII. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Ayo Berlatih” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, baik langsung maupun melalui telepon tentang perkembangan perilaku anaknya.


Mengetahui
Kepala MAN



( HAJARUDDIN, S.Ag.M.pd )
 NIP.19741224 200710 1 001

Nama kota ,  2017
Guru Mapel Aqidah akhlak



( DIANA SULAISIH, S.Ag.M.pd )
 NIP.19740625 199905 2 001

1 komentar:

SILABUS K13 Pendidikan Agama Islam VIII SMP

SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI Satuan Pendidikan              : SMP Negeri Kelas             ...