RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Negeri 7 Langsa
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Materi Pokok : Iman kepada Nabi dan Rasul
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Materi Pokok : Iman kepada Nabi dan Rasul
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A.
KOMPOTENSI
INTI
KI.1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
|
KI.3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI.4
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B. KOMPETENSI DASAR
1.3
|
Meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman
|
2.7
|
Menghargai perilaku semangat menumbuh kembangkan ilmu
pengetahuan sebagai
implementasi dari pemahaman
|
3.5
|
Memahami
makna beriman kepada Rasul Allah Swt
|
4.5
|
Menyajikan
dalil naqli tentang beriman kepada Rasul Allah Swt
|
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
Mendekripsikan iman kepada Nabi dan Rasul
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Melalui
pendekatan saintifik dan metode diskusi peserta didik dapat:
Mendeskripsikan iman kepada Nabi dan Rasul
E.
MATERI
PEMBELAJARAN:
Iman kepada Nabi dan Rasul
F.
METODE
PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan :
Sceintifik
2.
Model : Discovery Learning
G.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN :
§ Media :
Gambar-gambar
§ Alat/Bahan :
Komputer/laptop, LCD,Power Point, Internet
§ Sumber Belajar :
-
Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI
-
Buku Teks PAI kelas VIII
-
Buku-buku Penunjang PAI kelas VIII
-
CD/Video Pembelajaran Interaktif
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
psikis dan fisik dalam membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran.
c. Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
d.
Memberi motivasi siswa untuk
aktif dalam proses pembelajaran
|
5 MENIT
|
Inti
|
Mengamati
·
Membaca
dan mencermati teks bacaan tentang materi iman kepada nabi dan rasul.
·
Mengamati
gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada nabi dan rasul.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai iman kepada nabi dan rasul.
·
Mencermati
dalil naqli tentang nabi dan rasul sebagai utusan Allah SWT.
Menanya
·
Mengajukan
pertanyaan tentang hal-hal tentang iman kepada nabi dan rasul.
·
Menunjuk
salah seorang siswa secara acak untuk mengajukan pertanyaan tentang sejarah
nabi dan rasul.
·
Mengajukan
pertanyaan fungsi nabi dan rasul diutus ke muka bumi.
Eksperimen/explore
·
Menggali
informasi dan data tentang nabi dan rasul melalui berbagai sumber.
·
Mengumpulkan
dan mengelompokkan para nabi yang diberi kitab suci.
·
Mengumpulkan
dan mengelompokkan para nabi dan rasul yang diberi suhuf.
·
Mengumpulkan
dan mengelompokkan nabi dan rasul yang mendapat gelar ulul azmi.
Asosiasi
·
Menganalisis
hubungan ajaran antara satu nabi dengan nabi yang lainnya.
·
Merumuskan
hubungan antara keimanan terhadap nabi dan rasul dengan sikap dan perilaku
para umatnya.
·
Menyimpulkan
ajaran yang dibawa oleh para nabi dan rasul.
Komunikasi
·
Memaparkan
hasil temuan tentang hubungan ajaran antara satu nabi dengan nabi lainnya.
·
Menunjukkan
hasil analisis tentang hubungan antara keimanan terhadap nabi dan rasul
terhadap sikap dan perilaku seseorang dalam kehidupan.
|
50 Menit
|
Penutup
|
a.
Membuat kesimpulan
berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang materi ajar dalam
pembelajaran yang dilakukan peserta didik bersama guru
b.
Melaksanakan test secara
lisan
c. Menugaskan peserta didik untuk mengerjakan
pekerjaan rumah
d.
Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
|
5
menit
|
I.
PENILAIAN:
1. Sikap
Toleransi
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar observasi
2. Sikap
Santun
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar observasi
3. Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian
1)
Tes :
lisan
2)
Non Tes :
Penugasan kelompok
b. Bentuk
Instrumen
1) Soal
tes lisan
2) Proyek
4. Keterampilan
a. Teknik
: Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Check list
Mengetahui, Langsa, Oktober 2016
Kepala Sekolah SMP Negeri 7
Langsa Guru Mata Pelajaran PAI
SURYA RENI, S.Pd AINUL
MARDHIAH, BA
NIP. 19580203 1978031 2001 NIP. 19601231
198703 2021
LAMPIRAN
Rublik Penilaian Sikap Toleransi
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati pendapat
teman
|
||||
2
|
Menghormati teman
yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
||||
3
|
Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
||||
4
|
Menerima kekurangan
orang lain
|
||||
5
|
Memaafkan kesalahan
orang lain
|
||||
Jumlah
Skor
|
Rublik
Penilaian Sikap Santun
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
: ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati
guru atau guru /orang
yang lebih tua
|
||||
2
|
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
|
||||
3
|
Menggunakan bahasa santun
saat menyampaikan pendapat
|
||||
4
|
Menggunakan bahasa
santun saat mengkritik pendapat teman
|
||||
5
|
Bersikap
3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
||||
Jumlah
Skor
|
Rubrik Penilaian
Diskusi
1.
Tema :
2.
Kelompok
: .................
3.
Kelas
/Smt : VIII/1
Berilah
tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai dengan penilaian Anda!
No. Urut
|
Kategori
|
Skor
|
|||
Baik sekali
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
A.
|
KUALITAS
|
||||
1.
|
Persiapan baik
|
||||
2.
|
Organisasi jelas
|
||||
3.
|
Memberikan informasi yang didukung oleh fakta / buku
|
||||
4.
|
Informasi disampaikan dengan jelas
|
||||
5.
|
Argumentasi
|
||||
6.
|
Pernyataan (statement) bersifat persuasif
|
||||
B.
|
ETIKA
|
||||
1.
|
Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional
|
||||
2.
|
Saling mendengarkan dan merespon
|
||||
3.
|
Tidak menghina (menyela pembicaraan)
|
||||
4.
|
Tidak mendominasi pembicaraan
|
||||
5.
|
Secara aktif ikut terlibat
|
||||
C.
|
LAIN-LAIN
|
||||
1.
|
Cara mengevaluasi atau mengkritik teman
|
||||
2.
|
Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti yang
disampaikan kedua pihak
|
||||
Jumlah Keseluruhan
|
Keterangan: Skor 4: Baik Sekali, Skor 3: Baik, Skor 2:
Cukup, Skor 1: Kurang.
KRITERIA:
|
45 ke atas = A (Baik Sekali & Berkualitas)
|
30-44 = B (Baik)
|
15-29 = C (Cukup)
|
<
14 = D (Kurang
memenuhi syarat)
|
KOMENTAR :.................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
|
Rubrik Penilaian Keterampilan
(Presentasi)
Tema
:
Sub Tema :
Sub sub Tema :
Kelompok :
.................
Kelas /Smt : VIII/1
Alokasi Waktu : 10 menit
No
|
Nama
Peserta didik
|
Kemampuan
presentasi
1
- 4
|
Kemampuan
berargumentasi
1
– 4
|
Kemampuan
Menjawab
1
- 4
|
Penguasaan
Materi
1
- 4
|
Jumlah
Nilai
|
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
dst
|
Keterangan :
Skor rentang antara 1 – 4 dengan
rincian :
4
= Amat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Petunjuk
Penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor 3,20 – 4,00
Baik : apabila memperoleh skor 2,80 – 3,19
Cukup
: apabila
memperoleh skor 2.40 – 2,79
Kurang
: apabila memperoleh skor
kurang 2.40
Tidak ada komentar:
Posting Komentar