RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 7 Langsa
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Materi Pokok : Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadis terkait tentang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Materi Pokok : Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadis terkait tentang
perilaku menghindari minuman keras,
judi, dan pertengkaran
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Kompotensi
Inti
KI.1
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
|
KI.3
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
KI.4
|
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1
|
Meyakini Kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup
sehari-hari
|
2.1
|
Menghargai
perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Maidah (5): 8 dan hadits terkait
|
3.3
|
Memahami makna Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadis terkait
|
4.2
|
4.3.1 Membaca Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 dengan tartil
4.3. 2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadits
terkait
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Melalui pendekatan saintifik dan metode diskusi
peserta didik dapat;
1.
Membaca Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 dengan tartil
2.
Menunjukkan
hafalan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadits terkait
D.
MATERI
AJAR:
1.
Membaca Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 dengan tartil
2.
Menunjukkan
hafalan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadits terkait
E.
PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN:
Pendekatan
: Saintifik
Metode : Diskusi
Model
: Discovery Learning
F.
SUMBER BELAJAR
a. Al
Qur’an dan terjemahnya Depag RI
b. Buku
Teks PAI kelas VIII
c. Buku-buku Penunjang PAI kelas
VIII
d. CD/Video Pembelajaran Interaktif
G.
MEDIA PEMBELAJARAN
1. Media : Al
Qur’an dan terjemahnya Depag RI
2. Alat dan bahan :
Komputer, laptop , LCD
H.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
a.
Membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama ( menghayati ajaran
agama )
b.
Memeriksa
kehadiran peserta didik
c.
Apersepsi
d. Menyampaikan
secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran.
e.
Menginformasikan
tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu )
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati bacaan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32; serta hadits terkait tentang perilaku menghindari minuman keras, judi, dan
pertengkaran.
·
Mengidentifikasi hukum tajwid yang terkandung dalam Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32;
·
Menyimak dan membaca Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32; serta hadits terkait.
·
Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan qalqalah dan ra
·
Membaca dan menghafal arti Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·
Mencermati isi kandungan ayat Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
Menanya
·
Mengajukan beberapa pertanyaan tentang perilaku perilaku menghindari minuman keras,
judi, dan pertengkaran
·
Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan qalqalah dan ra yang
terkandung dalam Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
Eksperimen/explore
·
Menentukan dan mengelompokkan hukum bacaan yang terkandung dalam Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·
Mengidentifikasi lafadz-lafadz yang mengandung hukum bacaan qalqalah
dan ra dalam Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·
Membaca dan mencermati arti Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32. dan hadis
terkait.
Asosiasi
·
Menyusun dan mengelompokkan lafadz-lafadz yang mengandung hukum bacaan
qalqalah sughra dan kubra serta ra tafkhim dan tarqiq.
·
Menyimpulkan isi kandungan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·
Membuat mind mapping keterkaitan antara perilaku perilaku menghindari minuman keras,
judi, dan pertengkaran
Komunikasi
·
Memaparkan hasil temuan
tentang hukum bacaan qalqalah dan ra dalam Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·
Menyajikan kesimpulan kandungan Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32.
·
Memaparkan hasil analisis keterkaitan antara perilaku menghindari minuman keras, judi, dan
pertengkaran
|
25 menit
|
Penutup
|
a. Peserta
didik dan guru bersama-sama membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran
hari itu
b. Evaluasi dengan melaksanakan
test secara lisan
c. Peserta
didik melakukan refleksi manfaat dari kegiatan pembelajaran dengan menjawab pertanyaan :
Pengetahuan berharga apa yang dapat kamu peroleh pada
pembelajaran kita hari ini?
d.
Menutup pelajaran
dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing (religius)
|
10 menit
|
I. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.
Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian :
Observasi
b.
Bentuk Instrumen :
Lembar observasi
2.
Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian :
Observasi
b.
Bentuk Instrumen :
Lembar observasi
3.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian
1)
Tes : lisan
2)
Non Tes : Penugasan
kelompok
b.
Bentuk Instrumen
1)
Soal tes lisan
2)
Proyek
4.
Keterampilan
a.
Teknik : Observasi
b.
Bentuk Instrumen :
Check list
Mengetahui, Langsa, Oktober 2016
Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Langsa Guru Mata Pelajaran PAI
SURYA RENI, S.Pd AINUL
MARDHIAH, BA
NIP. 19580203 1978031 2001 NIP. 19601231 198703 2021
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian Sikap
Spiritual
No
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator :
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
pembelajaran (1 - 4)
|
Petunjuk penyekoran :
Skor 4 = Baik Sekali ; selalu berdoa dengan sungguh-sungguh
Skor 3 = Baik; sering berdoa dengan sungguh-sungguh
Skor 2 = Cukup; kadang-kadang berdoa dengan sungguh-sungguh
Skor 1 = Kurang ; berdoa dengan tidak sungguh-sungguh
Lampiran
2 : Instrumen Penilaian Sikap Sosial
No
|
Peserta Didik
|
Indikator
|
Jumlah Skor
|
|||||
Menghargai setiap orang yang ada di kelas
|
Menjaga kebersihan lingkungan kelas
(1-4)
|
Memelihara hubungan baik dengan teman
sekelas
|
||||||
Senyum
(1-4)
|
Sapa
(1-4)
|
Salam
(1-4)
|
Tingkat keramahan
(1-4)
|
Tingkat toleransi
(1-4)
|
||||
Petunjuk
Penyekoran :
Skor
1 = tidak pernah
Skor
2= kadang-kadang
Skor
3 = sering
Skor
4 = selalu
Lampiran 3
1.
Model
diskusi
Siswa
dikelompokan dengan anggota 4 orang
dengan kemampuan Heterogen
-
Anggota tim menggunakan
lembar kegiatan atau perangkat tugas yang lain
-
Setiap anggota saling
membantu memahami bahan pelajaran
Rubrik Penilaian Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p
e k P e n i l a i a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Gagasan
|
Kerja
sama
|
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Bahasa
|
|||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
Keterangan Skor : Kriteria Nilai
Baik
sekali = 4 A = 80
– 100 : Baik Sekali
Baik = 3 B = 70
– 79 : Baik
Cukup = 2 C = 60
– 69 : Cukup
Kurang = 1 D = ‹
60 : Kurang
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
Rubrik Penilaian Presentasi
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
KET
|
||||
GAGASAN
|
INISIATIF
|
KERJASAMA
|
KREATIF
|
KEDISIPLINAN
|
|||||
Keterangan Skor : Kriteria
Nilai
Baik
sekali =
4 A =
80 – 100 : Baik Sekali
Baik = 3
B =
70 – 79 : Baik
Cukup = 2
C =
60 – 69 : Cukup
Kurang = 1 D = ‹ 60 : Kurang
Skor perolehan
Nilai
=---------------------------- X 100
Skor maksimal
Instrumen Tes Lisan
No IPK
|
No soal
|
Butir instrumen penilaian
|
Kunci jawaban
|
Bobot nilai
|
1
|
1
|
Pedoman
Penilaian
1.
Setiap
pertanyaan yang dijawab dengan benar diberi skor 5
2.
Skor Maksimal = 20
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
Penilaian
akhir = Nilai Hasil lembar
observasi diskusi + Nilai Hasil tes tertulis
2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar